Febri, Restu (2016) PENERAPAN METODE TANDUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI MENANTI KECAMATAN KELEKAR KABUPATEN MUARA ENIM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah proses untuk merubah, menambah, membina, mengarahkan, membimbing, terencana, terprogram untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Proses pendidikan tentunya akan tercapai, bila seorang guru memiliki kompetensi untuk menumbuh kembangkan potensi anak didik. Karena hanya dengan proses pendidikan, maka pengembangan potensi dan kompetensi anak didik akan lebih terarah, Jadi guru dituntut untuk menemukan metode yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dari hasil pengamatan di lapangan, bahwa dalam proses pembelajaran guru lebih dominan menggunakan metode tradisional belum begitu memahami metode pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu siswa lebih cenderung pasif dan siswa kurang bergairah dan kurang antusias, bahkan tidak memperhatikan apa yang disampaikan, sehingga hasil pembelajaran mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode TANDUR dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode TANDUR, serta apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol”. Untuk tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode TANDUR dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan metode TANDUR, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan true experimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa MIN Menanti dan adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V.A berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan V.B 20 orang sebagai kelas kontrol. Adapun jenis datanya bersifat kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber datanya diperoleh dari siswa, guru, kepala sekolah, dan arsip-arsip. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan penganalisaan menggunakan rumus statistik, yaitu rumus tes “t” untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diterapkan metode TANDUR dengan yang tidak diterapkan metode TANDUR. Hasil dari penelitian ini yaitu: hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diterapkan metode TANDUR memperoleh nilai rata-rata 81, dengan nilai yang tertinggi yaitu 95 dan nilai yang terendah yaitu 70 serta standar deviasi 6,633, untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata- rata-rata 70, dengan nilai tertinggi yaitu 85 dan nilai yang terendah yaitu 50 serta standar deviasinya adalah 7,745. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas V.A dan V.B kelas yang menggunakan metode TANDUR dengan kelas yang tidak menggunakan metode TANDUR, jadi Hipotesis alternatif diterima dan Hipotesis nihil ditolak karena thitung > ttabel, baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5% dengan rincian 4,702 > 2,02.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode TANDUR kelas kontrol kelas eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 06:41 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 06:41 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/340 |
Actions (login required)
View Item |