PENERAPAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN MEDIA TIME LINE CHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG KABUPATEN OKI (Skripsi)

Satriana, Eli (2016) PENERAPAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DAN MEDIA TIME LINE CHART DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 1 SIRAH PULAU PADANG KABUPATEN OKI (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas permasalahan tentang “Penerapan Metode STAD dan Media Time Line Chart dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten OKI”. Berdasarkan atas permasalahan dan tujuan penelitian, maka dapat dirumuskan hipotesa sebagai berikut :” penerapan metode Student Team Achievement Divisions dan Media Time Line dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang pada materi Sejarah Nabi Muhammad SAW. Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah “apakah penerapan metode STAD dan media Time Line Chart dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang materi sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah. Dalam memperoleh data, penulis ingin menggunakan alat pengumpul data yaitu observasi, wawancara dan tes. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus persentase yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Dari analisa data hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa didapatkan bahwa pembelajaran pada kelas kontrol yang dilakuan tanpa menggunakan metode STAD Dan media Time Line chart menunjukkan aktivitas belajar siswa yaitu mengamati sebanyak 97,44%, menanya sebanyak 61,54%, mengumpulkan data 94,87%, mengasosiasi 79,49%, dan mengkomunikasikan 17,95%. Setelah diadakan evaluasi pembelajaran pada kelas kontrol ini didapat hasil 64,10% mencapai ketuntasan belajar ( mendapat skor 2,67 ke atas) dan 35,90% tidak tuntas. Sedangkan pada kelas eksperimen dengan pembelajaran yang menggunakan metode STAD dan media Time Line Chart didapatkan aktivitas siswa yaitu mengamati sebanyak 97,44%, menanya 92,31%, mengumpulkan data 97,44%, mengasosiasi 89,74% dan mengkomunikasi 89,74%. Dan dari analisa data hasil tes terhadap siswa, didapat mean variabel X (M1) = 74,59 dan mean variabel Y (M2) = 83,83, sedangkan Standar deviasi variabel x = 2,82 dan Standar deviasi variabel Y = 3,25. Dari perhitungan uji “t”, didapat angka thitung atau to = 6,14. Ketika dikonsultasikan dengan nilai ttabel, di mana nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 1,66 dan taraf signifikan 1% sebesar 1,99. Didapait thitung atau to lebih besar dari ttabel. maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode STAD dan media Time Line secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Sirah Pulau Padang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Time Line Chart, Metode STAD, Meningkatkan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Apr 2016 08:34
Last Modified: 27 Apr 2016 08:34
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item