PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA BIDANG STUDI FIQIH MATERI TATA CARA BERWUDHU DI SDN 1 SUKARAJA KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. (Skripsi)

Fajarwaty, Muti'ah (2016) PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA BIDANG STUDI FIQIH MATERI TATA CARA BERWUDHU DI SDN 1 SUKARAJA KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan media gambar tata cara berwudhu pada Bidang Studi Fiqih kelas II di SDN 1 Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Adakah pengaruh penerapan media gambar tata cara berwudhu dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih tata cara berwudhu di kelas II di SDN 1 Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih materi tata cara berwudhu di kelas II SDN 1 Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Untuk mengetahui apakah yang penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih materi tata cara berwudhu di kelas II SDN 1 Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 1 Sukaraja yang berjumlah 40 orang siswa, yang menjadi sampel penelitian ini yang berjumlah 40 orang siswa. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif adalah data yang menunjukkan angka-angka,data itu terhubung dengan jumlah siswa dan dokumentasi yang berkaitan dengan soal penelitian, yang meliputi tentang penerapan media gambar terhadap hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif meliputi penjelasan tentang media gambar dan hasil belajar siswa. Sumber data dari penelitian ini adalah data primer yaitu data yang bersumber dari responden yaitu siswa sedangkan data sekunder yaitu data penunjang diperoleh dari dokumentasi sekolah dan bahan-bahan perpustakaan yang berkenaan dengan pembahasan. Alat pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dikumpulkan, direkapitulasi, kemudian dianalisis dengan statistik, yaitu mean, standar deviasi, TSR dan Rumus Uji “T”. Setelah dilakukan penganalisaan data maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian tentang penerapan media gambar tata cara berwudhu menggunakan rumus “Uji T” tergolong sedang yaitu pada pertemuan pertama (baik pada taraf signifikansi 80 % = 16 siswa dan 20 % = 4 siswa, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti pada pertemuan pertama hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Pada pertemuan ke dua “t0”= 7,032 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % yaitu 2,02 maupun pada taraf signifikan 1% yaitu 2,71. Oleh karena itu taraf signifikan 5% (2,02 <7,032> (2,71) pada taraf signifikan 1%. Jadi berdasarkan analisa ini dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan media gambar terhadap hasil belajar siswa di SDN 1 Sukaraja Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir, dengan itu dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: tata cara berwudhu, penerapan media gambar, TSR.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Apr 2016 04:17
Last Modified: 15 Apr 2016 04:17
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/268

Actions (login required)

View Item View Item